Rabu, 16 Maret 2011

HOMOHUMANUS

• MANUSIA=Sikap yang menghargai manusia sebagai mahluk yang memiliki martabat tinggi dengan segala hak-haknya. “Harus diperlakukan sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan/ sesuai dengan fitrahnya mahluk tuhan”.
• BERBUDAYA=Prilakunya dituntun oleh akal budi sehingga mendatangkan kebahagiaan bagi dirinya dan lingkungannya serta tidak bertentangan dengan kehendak Allah.
• HALUS=Kehalusan-bertingkah laku perbuatan lemah lembut, sopan santun, budi bahasa dan beradab (ahlak).
DALAM UU NO. 20 TAHUN 2003
Fungsi dari pendidikan nasional: adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
TUJUAN DARI PENDIDIKAN NASIONAL
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokrasi serta bertanggung jawab.
Abad 20 di Amerika dan Eropa, hasil analisis mereka berkesimpulan bahwa sistem pendidikan moderen yang sekuler telah menghasilkan para saintis dan teknokrat yang handal tapi tidak melahirkan para lulusan yang memiliki integritas kepribadian yang matang.
BAGAIMANA GENERAL EDUCATION DI INDONESIA?
General Education / pendidikan umum yang ada di Amerika telah dikolaborasi oleh para ahli pendidikan di Inndonesia menjadi setudi / mata kuliah yang dulu disebut MKDU.
MPK (mata kuliah pengembangan kepribadian yang meliputi: Pendidikan Pancasila, Pendidikan Agama dan Pendidikan Kewiraan Nasional) dan kelompok mata kuliah MBB (mata kuliah berkehidupan bermasyarakat yang meliputi mata kuliah ISD, IBD, dan IAD) dan IBD dan ISD melebur menjadi mata kuliah ISBD.
POLA KELAKUAN
Pada dasarnya manusia dengan binatang tidak begitu jauh, manusia mempunyai keinginan, napsu, dan pemuasan. Namun pada diri mausia ada yang disebut akal, yangmana akal ini tidak dikaruniakan oleh Allah SWT, pada mahkluk apaun selain manuisia, bahkan malaikat pun tidak mempunyai akal, begitu pun binatang, maka dari itu perbedaan manusia dengan binatang sangat tipis sekali, manusia yang tak memakai akalnya untuk menjalani hidup layaknya seekor binatang yang kelaparan.
Oleh karena manusia sebagai mahluk yang paling sempurna karena telah dipasilitasi oleh Allah berupa akal, maka manusia akam senantiasa mempertanggungjawabkan sega hal yang dilakukan dalam kehidupan ini.
Tingkah laku manusia layaknya sebuah film yang akan ditonton oleh dirinya dan oranglain, dan akhirnya kita akan dipertemukan dengan keadilan Allah atas amal-amal kita.
Sewaktu manusia akan melepaskan nyawanya, disitu Allah akan mempertunjukan amal-amal kita, dan baiklah amal kita bahagialah kita, jika jelek celakalah kita.
MANUSIA=Tidak hanya ditentukan oleh sistem organik biologik saja (akal & jiwa), manusia kalu
Binatang umtuk memenuhi hasratnya, makan, minum, kepuasan, dll, itu semua didapatkan dengan tanpa memakai akal, sehingga binatang bisa mengakibatkan kecelakaan pada dirinya.
BINATANG= Oleh sistem organik biologik saja.

PENGETAHUAN
• Pengetahuan adalah susunan dari perbedaan tingkah laku atau tindakan dari tiap-tiap individu
• Pengetahuan adalah segala sesuatu yang diketahui hasil panca indra manusia.
• Pengetahuan tersusun secara empiris, sistematis, metologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar