Selasa, 12 April 2011

ISBD ADALAH.....

ISBD adalah paduan atau integrasi dari kajian ISD dan IBD. Sebagai integrasi dari ISD dan IBD, ISBD memiliki kompetensi dasar yang menjadikan mahasiswa sebagai ilmuan yang profesional yakni yang berpikir kritis, kreatif, sistematik dan ilmiah, berwawasan luas, etis serta memiliki kepekaan dan empati terhadapa pemecahan sosial dan budaya secara arif. ISBD memberikan dasar-dasar pengetahuan sosial dan konsep-konsep budaya kepada para mahasiswa sehingga mampu mengkaji masalah sosial, kemanusiaan dan budaya secara arif.
Seperangkat konsep dasar ilmu sosial dan budaya ini secara interdisiplin digunakan sebagai alat bagi pendekatan dan pemecahan masalah yang timbul dan berkembang dalam masyarakat. dengan demikian ISBD memberikan alternatif sudut pandang atas pemecahan masalah sosial budaya di masyrakat.
Berdasarkan pemahaman yang diperoleh dari ISBD, mahasiswa dapat mengorientasikan diri untuk selanjutnya mampu mengetahui kearah mana pemecahan masalah harus dilakukan. Pendekatan bersumber dari dasar-dasar ilmu sosial dan budaya yang bersifat trintgrasi.
Dengan diberikan kajian ISBD diharapkan dapat memberikan wawasan akan pentingnya pendekatan sosial dan budaya dalam menangani masalah alam. Hal ini dimaksudkan agar pendekatan sosial dan budaya senantiasa dipertimbangkan dan melandasi setiap upaya mencari solusi atas pemecahan dari masalah alam yang mereka hadapi.
Dengan demikian mahasiswa sebagai calon ilmuan dan professional harapan bangsa mampu bertindak arif dan bijaksana. Kompetensi dari ISBD diharapkan para lulusan mampu:
a. Menguasai pengetahuan tentang keanekaragaman, kesederajatan dan kebermartabatan manusia sebagai individu dan mahluk sosial dalam berkehidupan bermasyarakat.
b. Memahami dan menghormati estetika, etika dan nilai-nilai budaya yang menjadi pedoman bagi keteraturan dan kesejahteraan hidup dalam menata hidup kebersamaan dalam masyarakat.
VISI ISBD
Berkembangnya mahasiswa sebagai manusia terpelajar yang kritis, peka dan arif dalam memahami keragaman dan kesederajatan manusia yang dilandasi nilai-nilai estetika, etika dan moral dalam kehidupan bermasyarakat.
MISI ISBD
Memberikan landasan dan wawasan yang luas serta menumbuhkan sikap kritis, peka dan arif pada mahasiswa untuk memahami keragaman dan kesederajatan manusia dalam kehidupan bermasyarakat selaku individu dan mahluk sosial yang beradab serta bertanggung jawab terhadap sumber daya dan lingkunganya.
TUJUAN ISBD
1. Mengembangkan kesadaran mahasiswa menguasai pengetahuan tentang keanekaragaman dan kesederajatan manusia sebagai individu dan mahluk sosial dalam kehidupan masyarakat.
2. Menumbuh kembangkan sikap kritis, peka dan arif dalam memahami keragaman dan kesederajatan manusia dengan landasan nilai estetika, etika dan moral dalam kehidupan bermasyarakat.
3. Memberikan landasan pengetahuan dan wawasan yang luas serta keyakinan kepada mahasiswa sebagai bekal bagi hidup bermasyarakat, selaku individu dan mahluk sosial yang beradab dalam mempraktikan pengetahuan akademik dan keahiannya.
Yang disentuh ISBD adalah masyarakat atau kehidupan bersama dan budaya-budaya yang ada dalam masyarakat itu sendiri. Pembelajaran ISBD ini sangat cocok untuk di kaji dan dijadikan matakuliah di perguruan tinggi, karena perguruan tinggi akan melahirkan mahasiswa, yang mana mahasiswa itu sangat membutuhkan pengetahuan tentang kemasyaraktan dan budayanya, sehingga mahasiswa bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat dari perdikatnya sebagai mahasiswa dan bisa diterima dengan baik di masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar