Minggu, 17 April 2011

JAWABAN POSTING I DAN II

“Pertanyaan kutipan dari facebook”

1. Apa yang dimaksud dehumanisasi?.......Jawabannya adalah: Pengurangan arti nilai kemanusiaan.
1) Apa sebabnya?.......Karena tidak ada rasa tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, pengertian, dan saling terbuka satu samalain
2. Apa solusinya?.......Harus dilandasi oleh nilai, norma, dan agama, agar menjadi manusia yang punya rasa tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, pengertian, dan saling terbuka. Dan kaluau sudah seperti itu maka yang namanya dehumanisasi itu takan ada.
3. Apa yang dimaksud laten socila problem?......Jawabnya adalah: Masalah sosial yang sebenarnya sudah ada, walapun belum meluas namun oleh sekelompok masyarakat ditutup-tutupi dan di anggap tidak ada.
1) Bagaimana pengembangannya?.......Masalah ini sewaktu-waktu akan muncul menjadi masalah sosial manifes. Misalnya masalah konflik sosial yang disebabkan oleh suku, ras, agama, dan antar golomgan. Misalkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering kita lihat di kalangan remaja dengan kurangnya perhatian dan kesadaran mereka pada busana yang dikenakannya, penanggalan pada kerudung, busana-busana ketat yang menonjolkan ourat yang kini makin marak, mungkin bagi mereka itu suatu kebiasaan dan sah-sah saja bahkan menjadi suatu kebanggaan, tetapi dengan sadar tidak sadar, ini akan menimbuklkan masalah, karena berpakaian yang seperti itu bisa mengundang pelecehan, dan kalau pelecehan itu terjadi maka ini akan menimbulkan masalah di masyarakat apa lagi dikalangan umat Muslim.
2) Bagaimana solusinya?.......Harus membiasakan diri dengan hal-hal yang baik, hal yang tidak bertentangan dengan aturan yang ada dan dianut di masyarakat. Harus ada kesadaran dari diri sendiri tentang baik buruknya sesuatu yang kita lakukan, karena sekecil apapun yang kita lakukan, kalau bertentangan dengan aturan, itu pasti akan menjadi masalah.
4. Cinta tidak sama dengan nafsu?.......Jawabannya: Cinta bersifat manusiawi dan rohaniah sedangkan nafsu bersifat jasmaniah. Cinta menunjukan prilaku memberi, sedangkan nafsu cenderung menuntut.
1) Mengapa?......Karena yang sifatnya rohani takan bisa sama dengan yang sifatnya jasmani.(rohani lawannya jasmani).
Serjana yang sujana itu bagaimana?.......Sarjana yang memiliki pengetahuan sehingga mampu menunjukan sikap, tingkah laku dan tindakan yang mencerminkan keperibadian Indonesia, memahami & mengenal nilai-nilai agama, kemasyarakatan dan kenegaraan.
2) Stratifikasi sosial itu untuk apa?........Jawabannya: Untuk mencapai upper class, karena dengan menempati posisi yang tinggi manusia akan mendapatkan penghormatan, penghargaan, dan pengakuan dari masyarakat.
5. for ISBD COMMUNITY.................. POSTING I..................
"cinta, sayang, kasih kemesraan, pemujaan yang terselimuti nilai, norma dan agama bisa membawa pada kehidupan manusia yang homohumanus adem nih dunia ..... tp kenyataan terjadi .... mengapa ada dehumanisasi (ibu dalang pembunuhan anak, kekasih membunuh sang kekasih .......... mengapa oh...mengapa semua ini terjadi....... jelaskan...... jelaskan.......Jawabannya: Karena tidak ada rasa tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, pengertian, dan saling terbuka satu samalain. Seorang ibu takan mungkin membunuh anaknya, dan kekasih membunuh pasangannya atau bunuh diri kalau didirinya ada rasa tanggung jawab, berani berkorban, jujur, saling percaya, pengertian dan terbuka. Rasa tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, pengertian, dan saling terbuka ini, semua terlahir dari pengamalan nilai, norma dan agama. Maka dapat dipastikan bahwa manusia yang hidupnya tidak dilandasi oleh nilai, norma, dan agama, yang namanya dehumanisasi itu kiranya tak akan bisa lepas dari kehidupan manusia.


6. FOR ISBD COMMUNITY ........POSTING II ...................
do you know "latent social problems" ?????? kunaon aya nu kitu atuhhhhhhh ...... jelaskan.....jelaskan....... solusina kumaha???? kumaha ??????????? cik sok atuh... jawab ! he...he....
 Latent social problems adalah: Masalah sosial yang sebenarnya sudah ada, walapun belum meluas namun oleh sekelompok masyarakat ditutup-tutupi dan di anggap tidak ada.
 Latent social problems terjadi karena ketidak sadaran dari sebagian mastarakat pada apa yang dia perbuat, dia kenakan, dan dia lakukan. Mereka beranggapan yang dia perbuat, dia kenakan, dan dia lakukan itu sah-sah saja dan tidak akan menimbulkan masalah. Contohnya: kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering kita lihat di kalangan remaja dengan kurangnya perhatian dan kesadaran mereka pada busana yang dikenakannya, penanggalan pada kerudung, busana-busana ketat yang menonjolkan ourat yang kini makin marak, mungkin bagi mereka itu suatu kebiasaan dan sah-sah saja bahkan menjadi suatu kebanggaan, tetapi dengan sadar tidak sadar, ini akan menimbuklkan masalah, karena berpakaian yang seperti itu bisa mengundang pelecehan, dan kalau pelecehan itu terjadi maka ini akan menimbulkan masalah di masyarakat apa lagi dikalangan umat Muslim.
 Solusinya Harus membiasakan diri dengan hal-hal yang baik, hal yang tidak bertentangan dengan aturan yang ada dan dianut di masyarakat. Harus ada kesadaran dari diri sendiri tentang baik buruknya sesuatu yang kita lakukan, karena sekecil apapun yang kita lakukan kalau bertentangan dengan aturan yang ada, itu pasti akan menjadi masalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar